GTA IV

GTA IVGTA IV mendapat kehormatan sebagai game pertama yang saya review dalam situs ini.

Bagi yang udah pernah maenin serial GTA (Grand Theft Auto) pasti gak asing lagi dengan judul game yang satu ini. GTA IV adalah sebuah game aksi petualangan bergaya sandbox. Tau artinya sandbox? maksudnya, sebagai player, kita diberi kebebasan menyelesaikan semua misi tanpa musti berurutan.

Seperti dalam game2 GTA sebelumnya, game ini menampilkan berbagai macam elemen mulai dari adventure, driving dan third person-shooting menjadi satu pack yang bikin kita jadi selalu ketagihan buat memainkannya. Saat berjalan kaki, si karakter utama yang kita mainkan bisa berlari, lompat, memanjat dan berenang. Dia bisa menggunakan berbagai macam senjata maupun berkelahi dengan tangan kosong. Dia mampu merampas maupun mencuri sekaligus mengendarai segala macam kendaraan mulai dari mobil, perahu boat, sepeda motor, bahkan helicopter.

GTA IVGTA IV gameplay didukung engine yang membuat gerak-gerik semua tokoh karakternya menjadi sangat natural, yang dikombinasi dengan artificial intelligence, bio-mechanics maupun fisik yang bikin perilaku dan gerakan para tokoh2 pendukungnya menjadi sangat ralistik.

Saat melakukan pertarungan senjata, Nico, tokoh utama dalam game ini, bisa melakukan gerakan sliding untuk berlindung dari serangan peluru lawan2nya. Dia sanggup membidik target yang kamu inginkan, melakukan tembakan ngawur atau mengincar bagian tubuh tertentu untuk dilumpuhkan. Ketika bertarung dengan tangan kosong, Nico mampu memukul, menendang, menghindar, menangkis dan mendorong jatuh lawannya.

GTA IVGame ini memiliki tambahan fasilitas yang belum dimiliki serial sebelumnya, yaitu kemampuan untuk mengakses internet di warnet yang bisa ditemukan di beberapa lokasi. Melalui internet, Nico akan menemukan berbagai info yang dia butuhkan, bahkan untuk melakukan kencan melalui biro jodoh (Nah looo...).

Nico juga dibekali handphone untuk melakukan komunikasi dengan teman2nya; Melakukan panggilan ataupun menerima SMS.

Sayangnya, pilihan kostum yang disediakan oleh Rockstar, sebagai pengembang jauh berkurang dari game GTA sebelumnya (GTA San Andreas). Hanya ada 3 clothing store yang bakal kamu temui dalam game ini.

Liberty CityGTA IV mengambil setting cerita di Liberty City (nembak persis ama New York kayaknya...). Tokoh utama dalam game ini adalah Nico Bellic, veteran perang Bosnia asal Eropa Timur yang berimigrasi ke Amerika untuk mengejar impiannya. Semula, Nico tinggal bersama Roman Bellic, sepupunya. Tetapi, kerasnya hidup segera membawanya dalam dunia gang, kriminal dan korupsi. Dia sempat bekerja untuk gembong mafia Rusia, Mikhail Faustin. Kemudian dijebak dan dikhianati oleh Dimitri Rascalov. Berkenalan dan bergaul akrab dengan bandar obat bius asal Jamaica, Little Jacob. Bekerja sama dengan kelompok kriminal Irlandia, Packie McReary. Hingga kemudian menjadi hiring gun untuk boss mafia, Jimmy Pegorino.

Terlepas dari beberapa kekurangan GTA IV jika dibandingkan dengan seri sebelumnya, tetap saja game ini memiliki lebih banyak keunggulan, bahkan melebihi judul2 lain game sejenisnya.

Untuk itu, saya sangat merekomendasikan game yang satu ini sebagai game wajib yang musti dimaenkan oleh mereka yang mengaku sebagai gamer.

Writer's Score
Graphis: 10
Gameplay: 9,7
Sound: 7,5

0 comments:

Post a Comment